Pekerjaan Irigasi Batanghari Dimulai, Sektor Pertanian Dharmasraya Diharapkan Meningkat

banner 325x300

Padang – Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera V Dian Kamiladan sejumlah pejabat terkait, turun ke lapangan untuk meninjau langsung pengerjaan saluran irigasi Batang Hari, Selasa (8/6/21).

Pengerjaan saluran pada jaringan irigasi DI Batanghari di Nagari Siguntur Kecamatan Sitiung sudah dimulai pada tahun ini. Proyek tersebut sebenarnya sudah dimulai sejak tahun lalu. Akan tetapi, karena Pandemi Covid 19 membuat anggaran pembangunan di recofusing, sehingga pekerjaan yang semula dilaksanakan secara single years menjadi multi years.

banner 325x300

Sutan Riska mengaku senang dan berterimakasih kepada BWS Sumatera V, yang sudah merespon harapan Pemerintah Kabupaten Dharmasraya dan masyarakat untuk pembangunan tersebut.

“Ini menjadi kebahagian bagi kami. Mudah-mudahan pengerjaannya bisa tuntas tahun ini, sehingga tahun depan masyarakat kita bisa bersawah kembali,” ujar bupati muda energik ini.

Dirinya berharap, sesuai arahan presiden, pembangunan saluran irigasi ini dapat memberikan dampak pada perbaikan ekonomi masyarakat. “Harapan kita, sektor pertanian di Kabupaten Dharmasraya dapat terus meningkat. Ini adalah cita-cita kita. Selain perkebunan, sektor pertanian juga harus kita tingkatkan secara maksimal,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala BWS Sumatera V Dian Kamila menjelaskan, di tahun 2021 ini pengerjaan saluran sekunder pada jaringan irigasi DI Batanghari di Nagari Siguntur ini terlebih dahulu ditargetkan untuk mengalirkan air dan mengatasi banjir. Baru kedepannya ditargetkan permanen, yaitu dengan lining.

Dian berharap, dengan pembangunan saluran irigasi sekunder ini, ke depan masyarakat dapat bercocok tanam kembali dan hasil panen meningkat.(*)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan