Daerah  

Febby Dt Bangso Pimpin Forum Komunikasi Kepala BLK Komunitas Sumbar

banner 325x300

Padang – Febby Dt Bangso ditetapkan sebagai Ketua Forum Komunikasi Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Sumatera Barat, Jumat (21/5/2021) dalam Rapat Koordinasi (Rakor) di Hotel Truntum Padang.

Forum Komunikasi Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Provinsi Sumatera Barat terbentuk, atas inisiasi Kepala BLK Komunitas Darul Ulum Yapa Pasaman Ahmad Nawawi Siregar, selaku pengelola BLK Komunitas pertama di Sumbar.

banner 325x300

Ahmad Nawawi dipersilakan oleh Eflianis, Kasi Program BLK Padang untuk tampil ke muka bersama Kepala BLK Agro Industry Yayasan Bintang Sembilan Peduli Bangsa Febby Dt Bangso memimpin forum pertemuan itu, setelah Ketua Komite Akreditasi Sumbar Zudarmi menyampaikan materinya dengan singkat, dan langsung ke pokok persoalan

Nawawi pun minta persetujuan, untuk menetapkan Febby Dt Bangso sebagai Ketua Forum Kepala BLK Komunitas.

“Keberadaan BLK Komunitas bertambah banyak. Agaknya perlu dibentuk forum komunikasinya,” kata Ahmad Nawawi meminta persetujuan semua peserta Rakor.

Menurutnya, Febby yang telah malang melintang di Kementerian Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI itu punya banyak jejaring, dan patut dituakan dalam organisasi ini.

“Beliau adalah Pendiri Sekaligus Ketua Umum Forum Bumdes Indonesia. Dengan pengalaman beliau, mudah mudahan forum komunikasi ini juga menjadi maju,”harapnya.

Bagi Febby Dt Bangso, tentu itu sebuah amanah yang harus diemban demi masa depan BLK Komunitas yang lebih baik lagi.

“Kita tak bisa membayangkan kondisi yang akan datang. Anggaran negara banyak tersedot untuk covid, sehingga di sana sini terjadi pengurangan dan bahkan meniadakan kegiatan program,” kata Febby.

Dia ingin, forum ini dijadikan sebagai tempat berbagi pengalaman menuju kemandirian BLK Komunitas itu sendiri.

“Dengan forum ini kita bangun dunia kerja, mengembangkan jejaring, dan tentunya saling menguatkan dan saling membesarkan dengan sinergy Academics-Business-Community-Government-Financial Institution dan Media (ABCGFM),”tuturnya.

Latar Belakang Pendirian Forum Komunikasi BLK Komunitas Sumatera Barat

BLK Komunitas adalah suatu unit atau fasilitas pelatihan vokasi yang didirikan di lembaga keagamaan seperti pondok pesantren, seminari, dhammasekha, pasraman, dan komunitas lainnya.

BLK ini berfungsi untuk menyelenggarakan pelatihan kompetensi/keahlian guna memberikan keterampilan kerja kepada siswa dan komunitas masyarakat di sektiar lembaga, sesuai dengan kebutuhan dunia kerja atau mendorong untuk berwirausaha.
 
BLK Komunitas merupakan terobosan dari Presiden Joko Widodo sejak tahun 2017. Trobosan ini bertujuan untuk melengkapi soft skill dan pendidikan karakter di lembaga pendidikan keagamaan dengan tambahan keterampilan atau hard skill.

Pendirian BLK Komunitas adalah upaya meningkatkan sebaran lembaga pelatihan kerja, serta mendekatkan akses pelatihan kepada masyarakat atau komunitas.

Diharapkan dengan hadirnya BLK Komunitas, maka santri dan siswa lembaga pendidikan keagamaan serta masyarakat di sekitarnya, mendapatkan akses pelatihan kerja yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja lokal

Tujuan Pembentukan Forum BLK Komunitas Sumatera Barat

  1. Berbagi Informasi dan Pengalaman
  2. Membangun Jejaring dan Kerjasama Lembaga
    3.Peningkatan Kualitas, SDM Pengelolahan BLK dan Instruktur
  3. Advokasi
    5.Menuju BLK Mandiri
banner 325x300

Tinggalkan Balasan