Daerah  

Riau Siap Dukung Ketersediaan Jagung Untuk Pakan Ternak di Sumbar

banner 325x300

Pekanbaru – Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah bertemu Gubernur Riau Syamsuar. Pertemuan dua gubernur daerah bertetangga ini dalam rangka silaturahmi, sekaligus membicarakan tentang berbagai hal konektifitas pembangunan di pulau Sumatera.

Selain itu juga Mahyeldi dalam kunjungan ke Provinsi Riau, mengantarkan bantuan banjir kepada warga Dumai Selatan.

banner 325x300

“Banyak hal yang kita bahas. Tapi yang paling penting meminta Riau untukmau menyiapkan ketersedian jagung dalam upaya penyediaan pakan ternak,” kata Mahyeldi Ansharullah seusai melakukan pertemuan dengan Gubernur Riau Syamsuar di kediaman rumah dinas, Jum’at (5/11/2021).

Lebih lanjut Mahyeldi katakan, dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di pulau Sumatera, tentunya kerjasama 10 provinsi ini akan mampu membuka banyak hal untuk mendorong kemajuan daerah masing-masing.

“Potensi masing-masing provinsi yang beragam akan dapat menjadi besar, jika kerjasama semua daerah di Sumatera mampu saling mendorong dan mendukung keunggulan masing-masing. Konektifitas semua daerah akan membuka semua jalur, sehingga semua daerah memiliki kesempatan yang sama,” ujar Mahyeldi.

Mahyeldi menekankan, utamanya dalam konektifitas ini bagaimana menjaga produktifitas dan ketesediaan ketahanan pangan di Sumatera.

“Ketahanan pangan di Sumatera juga sebagai jaminan ketahanan secara nasional. Kemajuan kerjasama dan konektifitas pemerintahan di Sumatera juga peningkatan pembangunan dan kesejahteraan rakyat Indonesia,” ungkapnya.

Gubenur Riau Syamsuar dalam kesempatan itu juga menyampaikan terima kasih atas kepedulian pemprov Sumbar memberikan bantuan atas bencana banjir yang menimpa saudara-saudara di Dumai Selatan saat ini.

“Semoga bantuan dari gubernur Sumbar ini dapat mengurangi beban derita korban banjir dan semua ini mendapat pahala dari Allah Yang Maha Kuasa,” doanya

Syamsuar juga sebutkan, bahwa Pemprov Riau selalu siap sedia membantu dalam ketersedian jagung, namun tentu dukungan hasil pertanian dari Sumbar ke Riau selalu kami harapkan.

Selain juga membahasan pembangunan jalan sebagai konektifitas antara provinsi Sumbar dan Riau. Bagaimana titik pembanguan jalan tol telah selesai provinsi menyambung nantinya dari titik pembangunan di Sumbar.

“Saat ini pengembang jalan dari titik Riau menuju Jambi dan akan juga ada di titik Dhamasraya. Mohon dukungan ini agar akses jalan ini dapat berjalan lancar, sehingga apa yang kita ingin dapat segera dicapai,” katanya.

Hadir ikut mendamping Asisten Administrasi Umum Andri Yulika, Kepala Bappeda Medi Iswandi, Kepala Biro Bina Mental Syaifullah, mewakili Ka BPBD Sumbar Sekretaris, Mulyadi, mewakili Biro Adpim Kabag Makopim Zardi Syahrir. (*)

banner 325x300