Daerah  

Pimpinan Ponpes Dinul Ma’ruf Tuanku Afdal Zikri Komitmen Wujudkan Harkamtibmas di Sumbar

banner 325x300

Padang Pariaman, Jembataninformasi – Dalam rangka mewujudkan

Pemeliharaan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas) di Sumatera Barat, diperlukan peran serta semua lapisan masyarakat khususnya peran serta ulama, tokoh masyarakat maupun kepemudaan.

banner 325x300

Hal tersebut diungkapkan Tuanku Afdal Zikri Pimpinan Pondok Pesantren ( Ponpes) Dinul Ma’ruf Kabupaten Padang Pariaman. Sabtu (19/3).

Lebih lanjut dikatakan Tuanku Afdal Zikri, bahwasanya dalam sejarah, ulama, tokoh masyarakat dan kepemudaan merupakan landasan utama dalam mewujudkan cita-cita bangsa hal tersebut terbukti dalam menggapai kemerdekaan yang hakiki di Indonesia.

Ia menambahkan, khususnya untuk Sumbar atau Ranah Minang dimana masyarakatnya terdiri dari berbagai suku, ras dan agama tentu dalam menjaga cita-cita bangsa dimaksud, peran aktif dari para ulama, tokoh masyarakat serta kepemudaan sangat diperlukan dalam membimbing, mengayomi serta mengingat masyarakat akan penting harkamtibmas agar kemerdekaan dapat terjaga dengan baik.

“Pada hakikanya umat manusia dilahirkan ke dunia dalam keadaan berbeda-beda baik agama, ras suku dan budaya. Keberagaman tersebut juga dirasakan saat ini melalui toleransi umat beragama yang terjalin erat saat ini ditengah-tengah masyarakat Sumatera Barat saat ini,” ujarnya.

Ia mengajak serta menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat di Sumatera Barat untuk selalu menjaga cita-cita bangsa dimaksud. Karena mengingat saat ini banyaknya konten-konten dan berita hoax yang beredar dimedia dengan menonjol perbedaan yang dapat memecah belah bangsa.

“Selaku pimpinan ponpes menyebutkan pentingnya menjaga keberagaman dan menghargai perbedaan dalam majaga cita-cita bangsa. Sebab apabila masyarakat tidak menghargai keberagaman maupun perbedaan maka niscaya cita-cita bangsa akan tinggal sejarah,” bebernya.

Pimpinan Pondok Pesantren yang terletak Kudu Ganting V Koto Timur, Kampung Perak Pariaman Tengah, Kabupaten Padang Pariaman ini menerangkan, seperti ayat Al Quran surat Al Hujurat ayat 13 mengandung pelajaran bagi semua muslim.

“Dalam surat Al Hujarat yang artinya Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal,” sebutnya.

Ia memaparkan, bahwa manusia secara sunnatullah itu beragam karena Allah SWT menjadikannya bersuku-suku dan berbangsa-bangsa. Dengan keberagaman tersebut, Allah SWT lantas menghendaki segala umat manusia untuk saling mengenal. (Htr)

banner 325x300