Donizar Berikan Pencerahan Politik ke Gen Z di Pasaman

banner 325x300

Pasaman, jembataninformasi.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat Donizar berikan pencerahan politik kepada siswa SMK Negeri 1 Lubuk Sikaping, Senin (11/12/2023).

Selain Donizar, kegiatan seminar peningkatan karakter peserta didik dalam pendidikan politik juga diisi narasumber dari Dinas Pendidikan Sumatera Barat, Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Lubuk Sikaping, Wali Nagari Tanjung Beringin Utara yang di wakili Sekretaris Nagari Muhammad Ichasan E.

banner 325x300

Donizar yang juga Anggota Komisi V Anggota DPRD Sumatera Barat dalam sambutannya mengatakan, betapa pentingnya pendidikan politik dalam Peningkatan Karakter Peserta Didik yang selama ini alergi dengan yang namanya politik ini.

Seminar ini sebut Donizar, bertujuan agar peserta didik bisa dapat pemahaman tentang politik, serta menumbuhkan sikap spiritualitas, emosional, serta sikap sosial terhadap masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya.

Donizar menjelaskan, sebenarnya sangat penting bagi siswa belajar politik. Sebab dengan kematangan politik, menentukan sekali sosok pemimpin yang adil,

“Kenapa para peserta didik ini alergi dengan politik, itu semua di karenakan oleh oknum politik itu sendri menggunakan politik yang tidak baik. Seperti politik uang Black Campaign,” ungkapnya.

Pria yang juga Politisi PKB ini menjabarkan, politik sering diartikan sebagai seni atau ilmu untuk meraih kekuasaan, yang pada pratiknya banyak sekali timbul penyimpangan-penyimpangan dalam rangka memperoleh kekuasaan itu sendiri. Tetapi, pengertian politik yang seperti itu merupakan pengertian politik yang secara khusus merujuk kepada pengertian politik praktis.

“Yang perlu kita ketahui, pengertian atau pemahaman tentang politik yang dimaksudkan di sini adalah bagaimana cara antar anggota keluarga, masyarakat bersinergi untuk mencapai kesejahteraan bersama.” Begitu Jelas Donizar dalam mengartikan politik terhadah peserta didik

Dirinya mengharapkan, dengan telah dilaksanakannya pendidikan politik dikalangan pelajar sebagai pemilih pemula, semoga tingkat partisipasi pemilih dapat lebih meningkat, karena hak suara seluruh unsur masyarakat menentukan keberhasilan pembagunan kedepan, dan masa depan generasi selanjutnya.

“Karena proses hari ini adalah proses masa depan adik adik sekalian, betapa pentingnya proses politik yang baik bagi generasi berikutnya. Kita berharap peserta didik ini bisa menjahui narkoba, dan pergaulan bebas karna itu semua bisa menjadi ancaman untuk masa depan adik adik semua,” pungkasnya.(kld)

banner 325x300