UIN Imam Bonjol Jawara PKM II PTKIN se-Sumatera

banner 325x300

PADANG – Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) II Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Sumatera akhirnya ditutupi secara resmi.

Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang, Prof.Dr. Eka Putra Wirman, Lc,MA, dalam penutupan mengatakan, sangat bangga prestasi yang diperoleh UIN IB Padang.

banner 325x300

Pasalnya, UIN IB Padang berhasil juara dan memperoleh total 29 medali, mengungguli total 20 PTKIN se-Sumatera.

Eka Putra Wirman mengatakan, sangat bersyukur agenda dua tahunan ini telah bisa dirampungkang dengan segala kekurangan dan kelebihannya.

Ia juga berharap, seluruh peserta menikmat selama berada di kampus UIN dan Kota Padang.

“Saya mengucapkan selamat datang di UIN IB dan selamat datang di kota Padang, semoga kita semua selama berada di Sumbar mendapatkan hal hal yang baik dan positif. Sekaligus selamat jalan karena sudah mulai jalan pulang ke tempat masing-masing, kami doakan mudah- mudahan perjalanan dilindungi dan diberkahi Allah,” katanya.

Dijelaskannya, tujuan utama dari PKM adalah menjalin silaturrahim. Lewat iven ini mahasiswa UIN IB Padang yang belum kenal menjadi kenal dan pada waktunya perkenalan itu berguna dan bermanfaat. Silaturrahmi diharapkan terus berlanjut.

Tujuan kedua, PKM juga meningkatkan kreativitas mahasiswa, dengan cara meningkatkan kompetisi ilmiah, skil seni, skil olahraga dan lainnya.

“Tujuan ke tiga yaitu untuk menanamkan sportifitas, semangat berkompetisi, berkompetisi menjadi muslim yang baik, ibadah yang baik, dan berkompetisi menjadi orang yang lebih pajam agama,” sebutnya.

Menurutnya dalam berkompetisi, seperti kegiatan olahraga harus ada sportifitas. Setiap yang menang harus menghargai yang kalah, begitu juga dengan yang kalah mengakui yang menang.

Sementara itu, Wakil Rektor III UIN IB Padang Ikhwan Matondang mengatakan, acara berjalan relatif baik dan sukses tentu saja dengan catatan berbagai kekurangan yang terjadi.

“Seharusnya acara ini diadakan pada bulan Juli 2020, tapi ditunda akibat pandemi Covid-19, sehingga akhirnya Mei kita lakukan secara daring dan Juni secara luring,”ucapnya.

Dalam kegiatan ini, terdapat 26 cabang lomba, 37 nomor pertandingan. Akibat pandemi ini juga ada bebrapa cabang lomba ditiadakan seperti bola voli, takraw, futsal.

PKM se Sumatera ini melibatkan sebanyak 757 orang peserta, terdiri dari 254 orang mengikuti lomba secara daring dan 463 secara luring. Kemudian ada 202 official, 127 juri hakim dan wasit.

“Demi menjaga objektifitas, maka 127 orang juri dan hakim itu 76 persen dari luar UIN Imam Bonjol Padang, ini upaya kita agar objektif dan fair,” tandasnya.

PKM sendiri diadakan 27-31 Mei secara Daring dan 4-10 Juni secara luring. (Ridho)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan