Bukti Ridwan Kamil Serius Urus Pertanian, Jokowi Beri Penghargaan Satyalancana Wira Karya

banner 325x300

Padang, jembataninformasi.com – Kepedulian Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada sektor pertanian tak perlu diragukan lagi. Berbagai program dijewantahkan oleh pria rendah hati ini, sehingga hasilnya pun terlihat nyata, dengan meningkatnya produksi pertanian di tahun 2022. Alhasil produksi dan produktivitas Jabar menjadi peringkat ke-2 tingkat nasional tahun 2022 serta memperoleh penghargaan sebagai Kontributor Beras Terbesar Ke-3 Tingkat Nasional Tahun 2021.

Kebijakan Ridwan Kamil dalam pembangunan SDM pertanian dengan merekrut 1.026 orang tenaga bantu Penyuluh Pertanian Daerah, 431 orang Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman, dan Penyediaan Bantuan Operasional bagi 2.609 Penyuluh ASN kabupaten/kota se-Jabar sebagai salah satu kunci dalam menggapai keberhasilan itu.

banner 325x300

Dengan perhatian tinggi di sektor pertanian itulah, ditambah dengan hasil yang terlihat nyata dan dirasakan oleh warga Jabar, tak salah lagi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memberikan penghargaan Lencana Kehormatan Satyalancana Wira Karya.

Penghargaan tersebut diterima orang nomor satu di Provinsi Jabar dari Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mewakili Presiden Jokowi saat kegiatan Pekan Nasional (Penas) XVI Petani Nelayan Indonesia 2023 di Lapangan Sutan Syahrir Padang, Sabtu (10/6/2023).

“Tanda bahwa program Petani Milenial sangat diminati sebagai jawaban terhadap dua hal, yaitu akan menjadi sumber ketahanan pangan dan kenaikan ini membuktikan regenerasi petani akan terjaga,” kata Gubernur Ridwan Kamil dikutip Minggu (11/6/2023).

Seperti diketahui, Satyalencana Wira Karya adalah tanda kehormatan yang diberikan Pemerintah Republik Indonesia kepada para warganya yang telah memberikan darma bakti yang besar kepada negara dan bangsa Indonesia sehingga dapat menjadi teladan bagi orang lain.

Beberapa program Ridwan Kamil di sektor pertanian yang saat ini menjadi buah bibir adalah program Petani Milenial yang mulai digulirkan tahun 2021 merupakan program pengembangan usaha pertanian yang melibatkan generasi milenial berkolaborasi dengan pemangku kepentingan program tersebut.

Program ini bertujuan menciptakan sistem pertanian yang mandiri, maju, dan berkelanjutan dengan tagline ‘tinggal di desa, rezeki kota, bisnis mendunia’.

Petani Milenial Jabar Angkatan 2021 yang diwisuda sebanyak 1.206 orang, dan untuk Angkatan 2022 sebanyak 4.095 orang yang diwisuda di Graha Sanusi Kampus Universitas Padjajaran, Kota Bandung, tanggal 30 Mei 2023.

Ucapan selamat mengalir untuk Ridwan Kamil atau yang lebih dikenal dengan Kang Emil. Ucapan selamat ini datang dari para kontingen Pentas Tani Nelayan yang berasal dari wilayah Provinsi Jawa Barat.

“Saya mengucapkan selamat kepada Bapak Ridwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat dan juga Bupati Bogor atas penerima penghargaan Satyalancana Wira Karya Pertanian, petani sejahtera Bogor maju, Jawa Barat juara,” ucap Teguh Firman Suryaman koordinator BPP wilayah 2 Kabupaten Bogor.

Selain itu Ketua KTNA Kabupaten Bogor ini juga merasa bangga dengan adanya Penas di Padang ini karena dalam acara ini Gubernur Jabar dan Bupati Bogor mendapatkan penghargaan.

“Sekali lagi selamat kepada Bapak Gubernur Jawa Barat kita pasti Juara,” katanya.

Sementara itu Bayu peternak asal Sukaresmi, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor yang ikut dalam acara ini juga mengucapkan selamat atas terselenggaranya acara Penas Tani Nelayan 2023 di Padang. Dia berharap agar acara ini menjadi salah satu ajang untuk para petani muda dan petani andalan untuk terus dapat beresonansi untuk maju dan berkembang.

“Tidak lupa saya juga sampaikan selamat kepada Bapak Bupati kita dan Bapak Gubernur atas penerima penghargaan yang diterimanya, saya harapkan itu dapat memotivasi seluruh masyarakat, seluruh petani juga seluruh nelayan di Jawa Barat untuk dapat lebih maju dan berkembang,” pungkasnya. (Hs)

banner 325x300