4 Keunggulan Kelas Kerjasama PNP – Trakindo

banner 325x300

Padang – Politeknik Negeri Padang (PNP) dan PT Trakindo betul betul mencari calon mahasiswa dengan kualitas mumpuni, pada tahun 2021-2022. Meski pandemi Covid 19 belum melandai, tak menyurutkan calon mahasiswa untuk berkuliah di kampus tersebut.

Kendati terdapat penurunan jumlah peserta ujian dibandingkan tahun sebelumnya, dimana tahun lalu sebanyak 240 peserta dan tahun ini sebanyak 202 peserta, namun tak mengurangi kualitas dari ujian UMBK berbasis komputer untuk Prodi Alat Berat Kelas Kerjasama dengan PT Trakindo. Ujian yang dilaksanakan pada Kamis (3/6/2021).

banner 325x300

Wakil Direktur I PNP Revalin Herdianto menyebutkan, tahun ini sebanyak 24 orang terbaik dari hasil ujian yang dilaksanakan dengan dua tahap berkesempatan untuk kuliah di kampus yang terletak di Bukit Limau Manis ini.

Dari 202 peserta ujian tahap pertama, akan diciutkan menjadi 72 orang untuk mengikuti seleksi tahap kedua. Seleksi tahap kedua dilaksanakan PT Trakindo dengan materi uji keterampilan dan wawancara.

“Seleksi begitu ketat, karena mengambil mahasiswa hanya sebanyak 24 orang. Tingkat keketannya 1 : 10. Diakui memang, selama 10 tahun hadirnya kelas kerjasama ini, kualitas lulusan PNP sangat bagus dan langsung diserap Trakindo, meskipun perjanjian tertulis antara Trakindo dan PNP memang tidak ada,” Kata Revalin.

Ia menyebut bahwa PT Trakindo punya mekanisme sendiri untuk seleksi. Karena mereka mencari mahasiswa tidak hanya punya kemampuan akademis bagus, namun juga memiliki motivasi dan keterampilan dasar yang memadai.

“Tiga kemampuan dasar tersebut adalah kemampuan dari segi akademik, memiliki motivasi yang bagus dan keterampilan dasar yang mumpuni. Sehingga kombinasi mahasiswa bertalenta, peralatan lengkap, kurikulum yang update, pengajar yang berkompeten dari internal PNP dan dari Trakindo menghasilkan output sesuai yang kita inginkan. Kita ingin lulusan kita ini menjadi leader di dunia kerja dan unggul dibidang mereka masing masing,”kata Revalin.

Kaprodi Alat Berat PNP Asmen Hendri mengatakan, prodi teknik alat berat kelas Kerjasama Trakindo memiliki 4 poin unggulan. Pertama punya dosen industri unggulan dengan tenaga ahli sertifikasi, tenaga ahli trouble shooting alat berat, serta Mantan Kepala Cabang Trakindo.

Lalu kedua kerjasama antara Trakindo dan PNP sangat bagus, sehingga program Diksi menggabungkan industri dan program studi sangat matching. Ketiga PNP punya alat lengkap dan paling bagus di indonesia. Selain 5 alat berat berukuran besar disertai alat pendukungnya, PNP punya alat simulator yang merupakan satu satunya di indonesia hanya PNP dapat alat ini, sehingga menjadi icon bagi kampus.

Kemudian keempat kurikulum pelajaran selalu update. Modul terbaru malah telah dikirim Februari dari Amerika Serikat. Sehingga mereka benar benar memiliki standar yang bagus untuk perkuliahan.

“Dalam waktu dekat akan tambah dosen industri, agar mahasiswa mendapat ilmu sama persis dengan lapangan. Orang yang kita rekrut sangat qualified tentunya,”pungkasnya.(ridho)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan