Tangan Dingin Dr Andi Syarum Makkurade Bawa UNES Semakin Maju

Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Padang (YPTP), Dr. H. Andi Syarum Makkuradde, S. S., SE., M. Si
banner 325x300

Padang, jembataninformasi.com – Baru setahun menjabat sebagai Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Padang (YPTP), Dr. H. Andi Syarum Makkuradde, S. S., SE., M. Si yang menaungi Universitas Ekasakti (UNES) Padang, terus berbenah dan tingkatkan kualitas kampus, dengan menyusun program magister ekonomi dan program doktoral ilmu hukum.

Proposal-pun telah dilayangkan kepada LLDIKTI Wilayah X, yang merupakan terobosan sekaligus membuktikan bahwa Universitas Ekasakti menunjukan kemajuannya.

banner 325x300

Di sela aktivitasnya di hadapan awak media, Andi Syarum menyampaikan bahwa saat ini menjalin kerja sama dengan sejumlah kabupaten dan kota di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) terkait tri dharma perguruan tinggi.

“Bahkan Gubernur Mahyeldi dan Kapolda Sumbar, Irjen Pol Suharyono sudah beberapa kali berkunjung ke UNES memberikan edukasi ke mahasiswa,” ujarnya dijumpai di Padang, Minggu (30/7/2023).

Andi Syarum menjelaskan, juga menuturkan bahwa peningkatan pendidikan juga diimbangi dengan peningkatan kesejahteraan dengan memberikan gaji dan tunjangan yang proporsional kepada civitas akademika UNES.

“Ini membuktikan kalau Unes terus menunjukan kemajuan, terutama dalam susunan kepengurusan yang ada saat ini,” pungkas dia.

Sementara, terkait sengketa atas pergantian pengurus Yayasan Perguruan Tinggi Padang (YPTP), dijawab oleh Ismak (Penasehat Hukum). Dia menyampaikan bahwa Ini bukan persoalan kepemilikan, ini adalah yayasan yang tunduk kepada undang-undang.

” Sesuai cita-cita pendiri agar Unes menjadi nomor satu di Sumbar dalam hal mendidik dan melahirkan sarjana yang berkualitas,” tegas Ismak.

Justru pada saat ini telah berproses atas dugaan tindak pidana penggelapan pada masa kepengurusan lalu. Sehingga pergantian pengurus YPTP ini telah sesuai dengan aturan hukum yang berlaku, di mana masa jabatan ketua yayasan telah selesai, maka diangkatlah Ketua Yayasan yang baru.

Begitu juga dengan masa jabatan rektor yang telah usai maka diangkat rektor baru, jadi tidak ada lagi persoalan tentang pergantian unsur pimpinan di dalam sebuah lembaga.

“Penunjukan Dr. H. Andi Syarum Makkuradde, S. S., SE., M. Si juga bukan tanpa alasan, rekan-rekan media juga bisa menelusuri jejak digital tentang rekam jejak beliau,” ujar Ismak kembali menegaskan.

Pengangkatan Andi Syarum telah melalui Rapat Pembina dan berbagai macam pertimbangan, sehingga dia diangkat sebagai Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Padang (YPTP), yang memiliki andil besar dalam mencerdaskan bangsa khususnya di wilayah Sumbar.

Terlepas dari hal tersebut, apabila terdapat polemik dalam sebuah yayasan saat ini bukanlah soal kepemilikan, seperti halnya gugatan yang sebelumnya dilayangkan pihak pengurus yayasan sebelumnya.
“Kalau sudah berbentuk yayasan ini tidak bisa diwarisi,” pungkas Ismak.(kld)

banner 325x300