Ketua DPRD Padang Syafrial Kani Apresiasi Dinas Pendidikan Sumbar Akomodir Siswa SMA Belum Dapat Sekolah

banner 325x300

Padang, jembataninformasi.com – Dinas Pendidikan Sumatera Barat memastikan sudah mendapat izin dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Riset Teknologi (Kemendikbud Ristek), menambah satu rombongan belajar (Rombel) di masing-masing Sekolah Menengah Atas (SMA).

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Dinas Pendidikan (Diknas) Sumbar Suryanto, saat menerima audiensi Forum Peduli Pendidikan Sumbar bersama Ketua DPRD Padang Syafrial Kani dan Wakil Ketua Arnedi Yarmen, Kamis (20/7/2023)

banner 325x300

Kata Suryanto, izin penambahan satu Rombel di Sekolah SMA baru keluar kemarin. Sehingga hari ini pihaknya akan melaporkan kepada Gubernur Sumbar terkait kabar gembira tersebut, sehingga Gubernur Sumbar bisa memproses kebijakan dari Kemendikbud Ristek itu.

“Sebenarnya kami meminta penambahan kuota rombel dari 36 siswa menjadi 40 siswa per masing-masing sekolah. Namun tidak bisa dilaksanakan, karena menyangkut Dapodiknya. Alhamdulillah Kemendikbud malah menyarankan agar menambah satu rombel,” tuturnya.

Ketua DPRD Padang Syafrial Kani ketika diwawancarai wartawan juga mengaku bersyukur atas kabar gembira ini. Sehingga siswa-siswi yang belum mendapat sekolah bisa diakomodir, dan bisa mengikuti pembelajaran.

“Alhamdulillah untuk solusi jangka pendeknya sudah ada dari Dinas Pendidikan Sumbar. Kedepan hendaknya Pemerintah bisa memikirkan untuk solusi jangka panjangnya,” ucap Syafrial Kani

Untuk solusi jangka panjang sebut Syafrial Kani, Pemprov Sumbar bisa mendirikan tiga sekolah lagi untuk tingkat SMA dan tiga sekolah lagi tingkat MAN di Kota Padang.

“Di Kota Padang ini sangat kekurangan sekolah. Banyangkan saja di Padang ini untuk tingkat MAN cuma ada tiga, MAN 3 saja didirkan sudah 16 tahun lalu. Begitupun tingkat SMA, SMAN 16 juga sudah didirkan 15 tahun lalu. SMAN 17 yang sudah didirkan 2 tahun lalu, belum maksimal menyerap siswa. Setidaknya harus berdiri 3 sekolah Tingkat SMA dan 3 sekolah tingkat MAN, agar terakomodir siswa,” pintanya. (Hs)

banner 325x300