Ekobis  

Harga Minyak Goreng Melambung, Apical Group Bantu Pemko Padang Jual Minyak Goreng Murah

banner 325x300

LUBEG – Pemerintah Kota ( Pemko) Padang  dengan  bekerja sama dengan PT Padang Raya Cakrawala ( Apical Group) menggelar pasar murah, Kamis (23/12) yang digelar perdana di Kantor Camat Lubuk Begalung.

Pasar murah yang diinisiatifkan oleh Organisasi Perangkat Daerah Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Padang dengan tujuan untuk meringankan beban masyarakat akibat melambungnya harga komoditi minyak goreng dan kebutuhan pokok lainnya, yang juga akan digelar di lima kecamatan se Kota Padang.

banner 325x300

Pembukaan kegiatan tersebut Walikota Padang Hendri Septa yang didampingi Kadis Perdagangan Padang Andree H Algamar dan Camat Lubuk Begalung Heriza Syafani kepada wartawan usai kegiatan mengatakan,  terima kasih kepada perusahaan penghasil produksi minyak goreng khususnya Apical Group telah membantu warga Kota Padang memperoleh minyak goreng dengan harga terjangkau.

Hendri menambahkan, dengan melambungnya harga minyak goreng beberapa bulan belakangan, diakui Hendri Septa membuat masyarakat kewalahan untuk membeli salah satu bahan pokok kebutuhan rumah tangga.

“Alhamdulillah PT Padang Raya Cakrawala Apical Group telah bersedia membantu pemerintah memenuhi kebutuhan minyak goreng untuk masyarakat, karena harga minyak goreng sedang tinggi. Dengan selisih harga sampai Rp 5000 per liter, warga sangat terbantu,” katanya.

Selain di Lubuk Begalung sebut Hendri Septa, kegiatan pasar murah yang menyediakan minyak goreng serta komoditi bahan pokok lainnya juga digelar di Padang Selatan, Koto Tangah, Nanggalo, dan di kantor Disdag kota Padang.

“Kami berharap mudah-mudahan BUMN, BUMD dan pihak swasta membantu masyarakat mengulurkan tangan membantu masyarakat untuk mendapatkan barang kebutuhan pokok dengan harga terjangkau,”ungkapnya.

Sementara General Maneger (GM) PT Padang Raya Cakrawala Apical Grup Julianus Tarigan yang didampingi Humas Apical Group Michael mengungkapkan, pihaknya bersedia membantu masyarakat yang membutuhkan, agar saling berbagi ditengah-tengah melambungnya harga minyak goreng dua bulan terakhir.

Selain itu, jelas Tarigan, juga mendukung program pemerintah pusat melalui Asosiasi Gabungan Indistri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI), agar segera melakukan operasi pasar.

“Apical Group menyediakan 20.000 liter minyak goreng merk Harumas untuk operasi pasar kali ini. Dari tempat pelaksanaan di lima kecamatan,masing-masingnya disediakan 4000 liter minyak goreng,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Disdag Padang Andree H Algamar mengatakan, kegiatan operasi pasar murah tersebut lebih difokuskan terhadap penjualan minyak goreng kemasan karena kondisi harga kebutuhan pokok tersebut masih di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) di pasar-pasar kota Padang.

“Harga minyak goreng yang dijual di operasi pasar murah tersebut nantinya sesuai dengan HET yang ditetapkan oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) yakni sebesar Rp 14 ribu per liter,” kata Andree.

Dijelaskan, waktu pelaksanaan operasi pasar murah dimulai pada tanggal 23 Desember di kantor Camat Lubuk Begalung, tanggal 24 Desember di kantor Camat Padang Selatan, 27 Desember di Kototangah, dan 28 Desember di kantor Camat Nanggalo.

“Sementara operasi pasar murah di kantor Disdag kota Padang dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 29 Desember sampai tanggal 31 Desember 2021 mendatang,” jelas mantan Kasat Pol PP Kota Padang itu.

Untuk itu, Andree juga meminta kepada masyarakat untuk datang cepat ke pasar-pasar murah agar mendapatkan minyak goreng dan kebutuhan pokok lainnya dengan harga yang lebih murah.

” Tenntunya tetap patuhi prokes kesehatan, selain itu juga diminta memperlihatkan kartu sudah divaksin agar bisa berbelanja di kegiatan ini.” pungkasnya.(edi)

banner 325x300