Gubernur Sumbar Secara Simbolis Serahkan Dana Pembinaan Atlet KONI Sumbar

banner 325x300

Padang, jembataninformasi.com – Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah secara simbolis menyerahkan uang pembinaan kepada atlet binaan KONI Sumbar, Jumat (11/8/2023) sore di Istana Gubernur Sumbar.

Ketua KONI Sumbar, Ronny Pahlawan mengatakan, dana pembinaan ini diberikan untuk 6 bulan pertama, Januari 2023-Juni 2023.

banner 325x300

Dalam kesempatan itu, Ketua KONI Sumbar Ronny Pahlawan juga menyampaikan terkait agenda KONI Sumbar lainnya yakni penyelenggaran Rapat Kerja Provinsi (Rakerprov).

“Selain uang pembinaan, beberapa atlet kita sudah mengikuti Kejurnas Pra PON, cukup banyak yang lolos PON 2024,” terangnya.

Ronny menjelaskan, dasar pemberian dana pembinaan ini adalah apresiasi kepada atlet peraih medali pada PON 2021 Papua yang saat ini masih aktif dan tercatat sebagai atlet Sumbar pada PON 2024.

Sementara itu, Gubernur Mahyeldi mengatakan, bantuan uang pembinaan ini adalah bentuk apresiasi dari pemerintah provinsi untuk para atlet dan pelatih yang telah mengharumkan nama Sumbar di PON Papua 2021 lalu.

“Ini adalah bentuk perhatian Pemprov Sumbar kepada duta olahraga Sumbar yang telah mengharumkan nama daerah di PON Papua lalu,” ujarnya.

Pemprov Sumbar menurut Mahyeldi berharap pada PON 2024 mendatang, KONI Sumbar mengirim atlet dengan jumlah yang proposional, namun dari sisi prestasi meningkat.

“Untuk PON mendatang, KONI harus mengirim atlet yang berpotensi meraih medali. Hal ini di harapkan lebih efesien dalam anggaran, tapi hendaknya prestasi yang di raih bisa lebih baik dari PON sebelumnya,” kata Gubernur.

Sebab, menurut Gubernur pada tahun 2024 mendatang, Pemprov Sumbar akan menganggarkan sebesar Rp500 milyar untuk kegiatan kepemiluan.

Anggaran itu untuk pembiayaan KPU, Bawaslu untuk Pileg dan Pilpres dan Pilkada 2024.

“Ini harus menjadi perhatian dari KONI Sumbar, karena pada 2024 nanti anggaran kita akan tercurah kepada pelaksanaan Pemilu.” bebernya.

Pada bahagian lain, Pelatih Sepak Takraw Sumbar, Syahril Bais Mengucapkan terimakasih kepada Pemprov Sumbar, karena telah menyerahkan bantuan uang pembinaan melalui KONI Sumbar.

Ia menyebut dengan bantuan uang pembinaan yang di terima semakin meningkatkan semangat atlet dan pelatih untuk mempersiapkan diri mengikuti babak kualifikasi PON sebagai momen tampil di PON 2024 yang berlangsung di Aceh-Riau nanti.

Senada dengan itu, atlet paralayang Novrica Yanti mengapresiasi Pemprov dan KONI Sumbar yang telah memberikan perhatian besar terhadap atlet.

“Terimakasih Pak Gubernur dan Ketum KONI Sumbar yang telah menyerahkan bantuan uang pembinaan atlet. Semoga ke depan prestasi Sumbar semakin baik di PON 2024 mendatang,” pungkasnya.

Untuk di ketahui, uang pembinaan atlet dan pelatih ini dianggarkan KONI Sumbar melalui dana hibah provinsi sebesar Rp2,4 milyar yang diserahkan kepada 91 atlet dan pelatih.(kld)

banner 325x300