Ekobis  

Apical Group Gelar Bazar Minyak Goreng dan Sosialisasi HET di Padang

banner 325x300

Padang, jembataninformasi.com – Apical Group, salah satu pengolah minyak nabati terkemuka dan produsen minyak goreng sehat dan berkelanjutan, menggelar kegiatan “Ngabuburit Bersama Apical” Rabu (5/4/2023).

Kegiatan tersebut dimulai dari mengunjungi bazaar minyak goreng Minyakita, minyak goreng program Pemerintah yang diluncurkan pada tanggal 6 Juli tahun 2022, serta edukasi mengenai Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp 14.000 kepada masyarakat di Pasar Raya Padang, pasar tradisional terbesar di Kota Padang yang berlokasi di Kampung Jao, Kecamatan Padang Barat.

banner 325x300

Rangkaian kegiatan bazaar minyak goreng dan edukasi mengenai HET ini bertujuan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk dapat memenuhi salah satu kebutuhan pokoknya, yakni minyak goreng, khususnya selama Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri dengan harga yang terjangkau.

Kegiatan ini merupakan salah satu wujud dukungan Apical terhadap kebijakan domestic market obligation (DMO) yang dikeluarkan Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan. Apical berkomitmen melaksanakan ini di beberapa kota dalam membantu upaya untuk membantu pemerintah dalam menjamin stabilisasi harga dan pasokan.

Manumpak Manurung Head of Industry & Government Relations Apical mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk menyikapi adanya kurangnya pasokan Minyakita, serta melonjaknya harga Minyakita yang telah melampaui HET beberapa bulan terakhir khususnya saat bulan Ramadan dan menjelang Lebaran.

”Seperti kita ketahui bahwa dari beberapa bulan terakhir sempat berkurang pasokan Minyakita di berbagai daerah dan melonjaknya harga Minyakita di atas HET Rp 14.000. Bertepatan dengan bulan Ramadan ini, kami berupaya mendukung Pemerintah tidak hanya dengan menyediakan minyak goreng dengan harga sesuai HET untuk masyarakat, melainkan juga membantu masyarakat lain untuk mendapatkan minyak goreng dengan harga HET dimana pun mereka berada melalui edukasi,” tuturnya.

 

Manajemen Apical Group Berbagi Bersama Panti Asuhan Ridho Rahmat

 

Kata Manumpak lagi, Apical juga mengedukasi para pengunjung bazaar jika menemukan Minyakita dengan harga di atas HET yang telah ditetapkan untuk dapat menyampaikan pelaporan ke minyakita@apicalgroup.com untuk dapat dipantau lebih lanjut oleh pihak regulator.

Kegiatan edukasi mengenai HET dan bazaar minyak goreng dengan harga terjangkau juga telah dilangsungkan oleh Apical di sejumlah pasar tradisional di Jakarta sejak Februari 2023, serta turut berpartisipasi dalam kegiatan bazaar yang digelar di sejumlah instansi Pemerintahan di Jakarta, seperti di Kementerian Pertanian serta Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Tidak hanya itu sebut Manumpak, kegiatan serupa juga telah dilakukan di sejumlah wilayah di Indonesia, seperti Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Sidoarjo, Mojosari, Jember, Madiun, Magetan, dan Malang.

Julianus Tarigan, General Manager PT Padang Raya Cakrawala (PT PRC – Apical Group) mengungkapkan, di Padang, kegiatan edukasi HET dan bazaar minyak goreng telah dilakukan di sejumlah titik yakni di Kecamatan Nanggalo pada 27 Maret lalu, Kecamatan Koto Tangah pada 28 Maret lalu, serta Kecamatan Kuranji pada 29 Maret lalu.

Kegiatan tersebut bekerja sama dengan Dinas Perdagangan Kota Padang melalui pasar murah. Selain itu, kegiatan serupa juga akan diadakan di Masjid Raya Sumbar pada 14 April 2023.

Ia juga menjelaskan, penyelenggaran bazaar serta edukasi HET di sejumlah wilayah tersebut, Apical berkolaborasi dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) sebagai holding BUMN pangan dalam mendistribusikan Minyakita di pasar-pasar tradisional seluruh Indonesia sesuai arahan Pemerintah.

Dalam momentum bulan puasa ini, Apical memberikan program lebih pada masyarakat dengan berkontribusi untuk masyarakat selama Ramadhan dengan melanjutkan bazaar minyak goreng dan edukasi HET di sejumlah wilayah operasional perusahaan seperti di Balikpapan serta Riau.

Hal ini sebagai wujud komitmen bersama dalam ketersediaan minyak goreng HET dan menjaga pasokan minyak goreng dengan harga terjangkau untuk masyarakat menjelang Lebaran.

Rangkaian kegiatan “Ngabuburit Bersama Apical” ini dilanjutkan dengan mengunjungi panti asuhan Ridho Rahmat yang bertempat di Kampung Tuo, Mata Air, untuk memberikan santunan kepada puluhan anak yatim/piatu serta bantuan kebutuhan pokok untuk bagi pengurus panti yang digunakan untuk operasional panti.

Dirinya juga menjelaskan, kegiatan hari ini merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR), khususnya bazaar dan santunan untuk anak panti asuhan yang berada di sekitar wilayah operasional perusahaan.

“Pada momentum bulan Ramadan ini kami ingin berbagi kebahagiaan bersama adik-adik dari panti asuhan Ridho Rahmat, yang mana wilayahnya dekat dengan PT PRC. Kami berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat sekitar, yang juga sejalan dengan filosofi perusahaan kami yakni keberadaan perusahaan harus bermanfaat untuk masyarakat atau good for community,” tambah Julianus. (Dra)

banner 325x300