Diikuiti Ratusan Siswa, Cabor Muaythai Gelar Program Tes Minat Bakat Olahraga Anak Usia Dini

Padang, jembatan informasi – Sebanyak 550 siswa SD se- Kota Padang mengikuti tes Minat Bakat Olahraga Anak Usia Dini yang digagas oleh Cabang Olahraga Muaythai melalui pokok pikiran ( pokir) anggota DPRD Sumbar Rico Alviano.

Kegiatan Pembibitan dan Pemasalan Calon Atlet Olahraga Muaythai ini dilaksanakan Kegiatan: 15 s/d 20 Mei 2024 di SD Angkasa, SD 18 Air Tawar, SGOR PPSP Pembangunan UNP.

Ketua Pengprov Cabor Muaythai Zaimul Bakhri menyebutkan melalui deteksi dini minat bakat anak sejak dini merupakan upaya strategis untuk menentukan dimana kekuatan daerah sebenarnya.

” Jika telah terpetakan pembinaan akan terfokus dan terarah ini akan melahirkan atlet dalam peforma terbaik di bidanganya. Tentunya diawali dengan proses yang panjang dan kompleks. Untuk itu pembinaan dan indentifikasi nya harus jelas dan maksimal,” kata Zaimul.

Zaimul mengatakan, untuk menjamin pembinaan prestasi yang optimal dalam bidang olahraga prestasi perlu komitmen yang sungguh-sungguh untuk merancang dan melaksanakan identifikasi keberbakatan calon patriot olahraga masa depan.

” Sebelumnya kita juga mengucapkan terimakasih kepada Bapak Rico Alviano yang telah peduli dan berpartisipasi kepada dunia olahraga di Sumatera Barat. Kita berharap dengan melakukan program identifikasi bakat berdasarkan pendekatan yang sudah terjamin kesahihannya, akan mengefektifkan dan mengefisienkan sumber daya dari anak-anak usia dini ini yang nanti cikal bakal lahirnya atlet-atlet di Sumatera Barat. Seperti kita ketahui program ini telah dilaksanakan oleh negara-negara maju di dunia,” ulas Zaimul.

Sementara itu, Rico Alviano menyebutkan, pembinaan dan mengidentifikasi bakat olahraga anak pada usia dini, merupakan hal fundamental dalam mendeksi anak-anak dalam bakat olahraga.

” Semoga program yang digagas ini yang anggaran dari pemerintah dan bersumber dari uang masyarakat dapat berguna dalam memetakan bakat anak sejak dini dan juga merupakan langkah strategis untuk menentukan dimana kekuatan daerah sebenarnya. Sehingga nantinya di masa depan akan lahir talenta atlet yang dapat membanggakan Ranah Minang di kancah nasional maupun internasional dibidang olahraga,”ujarnya.

Rico menyebut anak-anak usia dini cenderung memiliki banyak hobby dari berbagai jenis olahraga, sehingga butuh diarahkan minatnya sesuai apa yang ada didalam dirinya.

” Dari banyak olahraga yang digemari harus ada satu yang ditekuni, sehingga bisa lebih terarah dan berdampak positif terhadap diri pribadi hingga daerah nantinya,” pungkas Politisi PKB itu.(rel)

Berikut susunan nama yang Pembibitan dan Pemasalahn Calon Atlet Olahraga Muaythai Melalui Deteksi Bakat Olahraga Tahun 2024

No Tim Ahli

1 Dr. Masrur,
2 Heru Afrian, M.Pd
3 Afdal Ade Hendrayana, M.Pd
4 Lucy Pratama Putri, M.Pd

No Tenaga Pendukung Lapangan*

1 Fatdrin Jesya
2 Faiz Jihadi
3 Afifah Rani
4 Nurul Hidayah
5 Ria Suryani
6 Dhea Ramadhani
7 M. Rivaldo Muthullkar
8 Rima Gusva
9 Reza Raira Mevia
10 M. Kevin Hidayat
11 M. Faraf Afindo
12 Muhammad Aidil
13 Wilda Yulia Sari S
14 Afdi Kurnia Eka
15 Nanra Kurniallahi
16 Karisma Novriza
17 Selvi Okta Fiani
18 Muhammad Juanda
19 M. Alfandi
20 Aulia Ardila R
21 Fathu Iqbal N.A
22 Afdoli Zikri
23 Ghibran Kurnia
24 Raihan Asra H
25 Makhfuza H.M
26 M. Afif Alkhoiri
27 Fito Herdian Rosli
28 Dytha Ramadhani
29 Sabilillah
30 A. Fajar Saputra
31 Dwi Egi Kurnia
32 M. Febri Raihan
33 Elvira Annisa
34 Riska Suriani
35 Widdya Safitri
36 Ayang Sukardi
37 Detio Adia Octavira
38 Septri Herda Yona
39 Wimbianda Fajrian
40 Victory Waruwu