Universitas Eka Sakti, jadi Pilihan Tokoh Terkemuka dalam Menimba Ilmu, Salah satunya Kapolda Sumbar

Padang, jembataninformasi – Ketua Pembina Yayasan Perguruan Tinggi Padang (YPTP), Prof. Dr. Andi Suriyaman Mustari Pide menyampaikan apresiasi atas pencapaian yang diraih Kapolda Sumatra Barat (Sumbar), Irjen Pol Suharyono, S.Ik. SH.

Irjen Pol Suharyono baru saja sukses menggelar sidang Magister Ilmu Hukum Program Pascasarjana (S2) Universitas Ekasakti UNES Padang, Kamis (1/8/2024) sore.

Prof. Dr. Andi Suriyaman Mustari Pide selaku Ketua Pembina YPTP sekaligus Pembimbing I Kapolda Sumbar dalam penyelesaian pendidikan tinggi Hukum di Program Pascasarjana Universitas Ekasakti menyampaikan selamat atas pencapaian tersebut.

“Selamat dan apresiasi yang tinggi kepada beliau bapak Kapolda Sumatera Barat. Beliau sangat rendah hati (ciri intelektual beliau tidak diragukan) dan semoga langkahnya selalu dilindungi oleh-Nya. Aamiin,” ujar Andi Suriyaman Mustari Pide.

Sementara itu Ketua YPTP, Kampus UNES Padang, Andi Syahrum Makkurade menambahkan, Kapolda Sumbar adalah contoh sosok gigih dalam menimba ilmu. Menurut dia, semangat ini mesti dicontoh generasi muda untuk meraih gelar akademik.

“Pak Kapolda adalah sosok yang dapat menginspirasi anak muda, dengan semua kesibukannya, dia tetap mampu menyelesaikan tanggung jawabnya sebagai mahasiswa, itu patut untuk di apresiasi,” jelasnya.

Disisi lain Rektor Unes Padang Prof. Dr. H. Sufyarma Marsidin, M.Pd menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Kapolda Sumbar karena telah mempercayai UNES untuk menempuh jenjang pendidikan magisternya.

“Pak Kapolda telah mempercayai UNES dalam pendidikannya dan kita akan menjawab kepercayaan itu dengan meningkatkan kualitas kita yang selama ini telah kita tunjukkan,” katanya.

Diketahui, rasa syukur dan bahagia menyelimuti suasana hati Kapolda Sumbar, Irjen Pol Suharyono, S.Ik. SH. Keceriaan ini dirasakannya karena baru saja sukses menggelar sidang Magister Ilmu Hukum Program Pascasarjana (S2) Universitas Ekasakti UNES Padang, Kamis (1/8/2024) sore.

“Bersyukur kepada Allah karena hari ini kami baru saja mengikuti ujian. Ini bagian dari salah satu syarat untuk mencapai master hukum, karena memang yang saya ambil Fakultas Hukum,” beber Suharyono saat dijumpai awak media setelah mengikuti ujian proposalnya di Gedung Pascasarjana UNES Padang Kamis sore.

Irjen Pol Suharyono saat ini tengah menempuh pendidikan S2 di Fakultas Hukum UNES Padang, salah satu dari 10 kampus terbaik di Provinsi Sumbar.

Dia mengungkapkan kalau cita-cita untuk mendapatkan gelar Master Hukum ini sudah sejak 21 tahun silam. Yang mana sebelumnya Suharyono pernah mengikuti program pendidikan serupa namun tidak berjalan mulus.

“Tahun 2003 saya pernah mengikuti kuliah S1 juga namun tidak tuntas, yaitu di Surabaya, di Universitas Marutama dan Universitas Bhayangkara Surabaya,” beber dia.

“Tapi Alhamdulillah karena perjalanan waktu Allah SWT masih memberikan peluang kepada saya untuk melanjutkan studi ini dan dapatlah jodoh di Sumatra Barat yaitu di UNES. Jadi ini adalah pilihan saya, dari awal sejak saya jadi Kapolda di Sumatra Barat,” tambah dia.

Jenderal bintang dua tersebut menyampaikan dia memulai kuliah di UNES dari awal menjabat sebagai Kapolda Sumbar karena dia melihat banyak anggota Polri yang kuliah di UNES.

“Dan kami menginginkan nanti lebih banyak lagi yang kuliah di UNES,” katanya.

Dia melanjutkan, dengan melihat banyaknya anggota Polri yang kuliah di UNES, maka dirinya terpancing untuk ikut kuliah juga, sejak 6 bulan pertama usai dilantik menjadi Kapolda Sumbar.

“Satu setengah tahun lalu saya mulai pelan-pelan mengikuti perkuliahan termasuk semua prosedurnya, mulai dari mendaftar hingga kuliah, dimana kuliah setiap dua kali seminggu baik secara virtual maupun cara apapun sehingga ilmu dari para dosen bisa masuk seperti apa yang diharapkan,” jelasnya.

Selanjutnya Kapolda Sumbar juga memberikan apresiasinya kepada seluruh jajaran UNES, mulai dari pembina yayasan, ketua yayasan, rektor dan lainnya yang telah membimbingnya hingga bisa sampai pada tahap seminar proposal tersebut.Dia mengakui banyak ilmu yang didapatkannya dari pembimbing dan penguji yang adalah profesor pada bidangnya.

Kapolda Sumbar juga berpesan kepada anak-anak yang belum mau melanjutkan kuliahnya untuk berkuliah, karena katanya ilmu tersebut akan berguna di kemudian hari dan tidak akan ada ruginya.

Dengan demikian, Sejarah mencatat banyak tokoh terkemuka yang menimba ilmu di Universitas Eka Sakti diantaranya, Mantan Kajati Sumbar Priyanto yang juga pernah menjabat Sesjam Datun Kejaksaan Agung dan Yuspar yang juga pernah memimpin Direktur HAM Kejaksaan Agung dan banyak lagi tokoh lainnya. (kdi)